7 Kesalahan Yang dilakukan blogger Indonesia

Saya sering sekali melakukan blogwalking entah itu sengaja mencari menggunakan keyword atau hanya sekedar bertukar komentar di grup facebook, saya tidak hanya berkunjung dan berkomentar, tapi juga mengamati setiap blog yang saya kunjungi, kebanyakan dari mereka tidak ada yang sangat sangat menonjol dalam blogging, hampir semua topik yang ditulis sama bahkan hanya menulis ulang lalu memberi sumber artikel.

7 Kesalahan Yang dilakukan blogger Indonesia

apakah blog kamu termasuk yang seperti itu? saya sudah meneliti dan mengamati, dan membuat daftar kesalalahan yang dilakukkan oleh blogger Indonesia, sangat jauh beda dengan blogger luar, yang notabenya para ibu muda beranak dua:). berikut daftarnya:

1. Topik Sama

mungkin kalau Niche sama itu bukan masalah, hanya bisa berkompetisi atau tidak. namun kalau isi post dan judul sama, topiknya itu itu aja yang orang lain sudah post terlebih dulu, saya rasa mereka terlalu membuang waktu. yah itu memang terserah mereka. tapi ingat Google sangat menyukai sesuatu yang baru, yang belum pernah di tulis sebelumnya. jadi coba ganti judul topik yang lain dan original. memang tidak salah memiliki topik yang sama dengan yang lainnya, tapi kamu tidak ingin di sebut mesin fotokopi kan?.

2. Niche Blog

apa semua blogger terlalu suka dengan tips blogger, adsense, atau android? serius saya hampir mendapati semua blog dengan niche yang sama dan topik yang sama hanya beda penulisan judul, tapi intinya sama. lagi lagi saya tidak menyalahkan mereka untuk memilih nice blog, yang jadi pertanyaan adalah apakah mereka hanya ingin mencari pageview atau benar-benar memberi informasi kepada pengunjung? entahlah hanya mereka yang tahu. kalian boleh ko memilih niche blog lebih dari satu dalam satu blog. tapi memang karena sesuai kemampuan maupun hobi atau info yang bisa di sebarkan, bukan karena ingin mendapatkan pegeview tinggi. ini peringatan bagi blog pemula.

jujur saya memiliki 6 niche dalam 1 blog. karena saya suka memberi info seputar 6 niche itu. kalian bisa lihat di sidebar blog ini. di bagian I WANT TO READ... ada 6 menu :)

3. Design Blog

oh ayolah! kenapa semua blog yang saya kunjungi kedapatan memakai template blog brosense, itu sangat tidak menarik dan sangat pasaran, entah mereka mau mengincar adsense atau apa, tapi kenyamanan pengunjung harus menjadi no satu, agar mereka tetap tinggal dan tidak kabur dari blog anda. lebih baik buat tampilan blog sebersih mungkin dan senyaman mungkin untuk dilihat, cobalah menggunakan template yang minimalist dan ringan, dan jangan terlalu banyak iklan. percayalah blog yang bersih (white space) sangat di senangi pengunjung.

4. Cara berkomentar

"nice post"
"nice info gan"
"ijin bookmark"
"ijin comot"
"joss"
"siip"

apa kalian pernah mendapatkan komentar - komentar seperti di atas? saya sering. saya tidak tahu apakah mereka tahu topik yang sedang di bahas, atau karena mereka kehabisan kata-kata. yang pasti komentar semacam itu sangat menjengkelkan. sebenarnya tidak ada UUD yang mengatur cara berkomentar di blog. tapi saya rasa mereka harus menjadi komentator yang profesional mulai sekarang.

5. Kurang Kreatif

kreatif itu sesuat yang tadinya biasa aja menjadi luar biasa. saya selalu terhubung dengan blog dari beberapa orang di luar Indonesia yang saya ikuti (berlangganan). mereka sangat - sangat kreatif, makannya saya selalu menunggu berita terbarunya, yang lebih kreatif lagi pada bagian design blog. mereka sangat personal, satu sama lain tidak ada yang menyamainya, setiap blog dari merka masing-masing memiliki karakternya sendiri, sangat profesional dan inspiratif.

asal kalian tahu saja, blogger luar negeri yang saya bicarakan ini mereka adalah blogger ibu muda yang rata - rata memiliki anak kecil. entah bagaimana mereka sangat menjiwai dunia blogging. beda sekali dengan blogger muda di negeri ini. saya selalu membandingkan blog saya dengan blogger profesional untuk mencari kekurangan blog saya, dan mendekorasi ulang blog saya. saya selalu mendapat pengetahuan baru dari mereka.

6. Penggunaan Bahasa

Elo, elu, gue, gua entah bahasa apa yang kalian tulis, lebih baik menggunakan bahasa baku. ini bukan soal seberapa gaul kalian, tapi seberapa profesionalkah kalian, ada triliunan kata berbahasa Indonesia di Google (termasuk bahasa non baku), tapi orang banyak mencari di google dengan menggunakan keywoard bahasa Indonesia dengan bahasa baku pula. jika kalian masih menggunakan kata kata alay atau menggunakan ejaan yang tidak baku, percayalah kalian membuang-buang energi saja.

7. SPAM

ada banyak sekali SPAM blogger, entah mereka membuat spam di komentar atau membuat blog yang penuh dengan kata kunci namun tidak berisi. saya sangat tidak suka hal itu, dan saya rasa kalian juga. apa lagi saat menemukan link aktif di komentar, benar-benar menjengkelkan, apakah kalian mengalaminya juga?.

blog bukanlah tempat untuk para SPAMer, tapi tempat untuk orang-orang yang suka berbagi ilmu baru. ingat hal tersebut :)

jika ada yang ingin kalian sampaikan, mari diskusi dan tinggalkan komentar kalian dibawah.
KEEP BLOGGING GUYS :D



 photo my signature finish_zpsk2crwfuf.png




Tag:
blogger indonesia
blogger indonesia terbaik
blogger indonesia 2018
blogger indonesia terkenal
blogger indonesia inspiratif
blogger indonesia terkaya
blogger indonesia yang sukses
blogger anak indonesia
food blogger asal indonesia
art blogger indonesia
blogger artis indonesia
blogger adsense indonesia
blogger anime indonesia
blogger indonesia berpenghasilan besar
blogger indonesia berhijab
blogger indonesia yang bagus
blogger dalam bahasa indonesia
beauty blogger indonesia instagram
beauty blogger indonesia 2018
book blogger indonesia
best blogger indonesia
blogger indonesia cantik
blogger cowok indonesia

undygun

Hi! I'm Undi Gunawan also know as undygun in internet. I'm anime an d kpop antusias. Full time Blogger who love coffee ��

19 Komentar

  1. Jika diliat dari penjelasan agan, mungkin ada benarnya.. malahan apa yg agan sebutkan diatas hampir teerjadi semuanya.. terkadang kita hanya mencoba untuk fokus pada uang dan uang yang mana semua itu semakin membuat blog berantakan dan tak ada kualitas (y)

    BalasHapus
  2. Betul sekali gan terlebih jika komen cma "nice posting,izin comot" dalam artian mereka tidak membaca artikel kita hanya waton komentar gtu istilah jawanya.

    Saya juga membahas nice Android tapi yang saya bahas adalah tentang ROM,Firmware,Tweak. Saya pikir ini sulit di lakukan jika memang bukan hobinya, saya menulis karena hobi saya menulis karena bidang saya adalah service Hp

    Alasan saya memilih brosense, membaca tulisan Anda saya tergugah untuk mengganti template, saya menggunakan brosense karena itu paling mudah di gunakan, tampilannya yang kecil sudah saya lebarkan jika ada rezeki insyaallah beli template yang bagus,

    Saya kagum dengan tulisan agan, cuma karena tulisan agan original terasa sekali, dan itu menjadi nilai plus.

    Baiklah mungkin hanya ini saja saya dengan senang hati jika sobat mau berkunjung kembali ke blog saya dan memberikan kritik yang membangun.

    Terimakasih

    Salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih Ihsan sudah mau berkomentar. Dan terimakasih sudah ikut berdiskusi. Saya rasa mas Ihsan sudah paham dalam blogging. Jadi saya tidak ragu kalau mas Ihsan bukan blogger yang seperti mereka :D. Sekali lagi terimakasih. Komentarnya sangat membangun :). Sering seringlah mampir.

      Salam sukses

      Hapus
  3. Wah tulisannya bagus gan, dalam pemikiran saya sebagai blogger adalah untuk membuat artikel yang berbeda dan lebih bagus diantara yang lain tapi tetap saja pengunjung sepi dan saya juga kurang suka kalau ada yang berkomentar tidak sesuai topik

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha saya juga masih belajar. terimakasih sudah berkomentar. memang untuk mendapat pengunjung / audience butuh waktu dan kesabaran. keep blogging yah :)

      Hapus
  4. anda termasuk gak gan ? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lebih memilih menghormati orang yang juga menghormati saya :)

      Hapus
  5. Bloging itu proses belajar dan sharing, yang sekaligus bisa berjalan berbarengan. mungkin yang mengangkat topik yang sama, mereka berpandangan bahwa topik ini selalu ramai, sudha pasti bakal banyak pengunjung. Saya sendiri mengelola 2 blog berbeda, satu dengan niche yang satu lagi blog gado2, entah kenapa lebih nyaman di blog gado2, karena materi yang diangkat bisa berasal dari mana saja, kalau blog niche ribet dibatasi niche. saya mikirnya blog nyantai lebih bisa dinikmati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu alasan saya juga mengapa blog saya memiliki 6 niche haha. trimakasih sudah berkomentar :)

      Hapus
  6. waduuh kyknya blog gw masih perlu banyak perbaikan gan, terutama di no 1,2 dan 5 -_-
    makasih gan infonya

    BalasHapus
  7. Nomor 4 itu true story banget :3
    minta gw ikkeh ikkeh yg komen kayak gitu dah :v

    BalasHapus
  8. bener tuh yg komen singkat-singkat sy suka mikir, dia baca artikelnya dulu ngga ya .-. :D

    BalasHapus
  9. yang paling gak aku suka tuh spam.. kebiasaan, mau dapet backlink dengan cara gak bener, apalagi yg komen semaunya.. njir..
    btw salam kenal, blogger pelajar asal Lampung Tengah

    BalasHapus
  10. bner gan, bisa buat referensi nih artikelnya buat bkin blogku makin bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silahkan :). Asal jangan copy paste :D

      Hapus
  11. Terima kasih Kak. Aku paling sering sih nemuin blog dengan template brosense :D Nah, hal yang aku baru dapatkan di artikel ini adalah ttg Topik Sama dan Kurang Kreatif. Akan menjadi perbaikan kedepan :D Thx for sharing, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama Mirza sudah berkunjung. Happy Blogging! 😁

      Hapus
Lebih baru Lebih lama